- / / : 081284826829

Olahraga Equestrian Bisa Memperkuat Imunitas

Gambar Produk

KIAT
Olahraga Equestrian Bisa Memperkuat Imunitas
Untuk memutus rantai penularan Covid-19, caranya dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi semua masyarakat. Kunci kesuksesannya ada pada perilaku disiplin diri dari semua anggota masyarakat dalam perilaku hidup bersih dan sehat keseharian sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Hal ini sejalan dengan yang disarankan Pratomo (2020), semua orang, baik dalam keadaan sehat atau menderita gejala terkait Covid-19, perlu melakukan PHBS, isolasi diri di rumah, dan social distancing measures untuk mencegah penularan Covid-19.

Bagi Anda yang butuh info terkait covid-19 bisa langsung kunjungi situs SehatQ.com. Inilah situs informasi berisi artikel kesehatan yang dapat diakses setiap saat siapa pun. Sebagai contoh, saat ini belum adanya vaksin ideal atau terapi khusus yang tersedia, maka yang harus diutamakan dalam menangani kasus Covid-19 ialah dengan melakukan secara empiris lewat pendekatan imunitas pasif dan penggunaan kembali obat yang digunakan sesuai gejala yang muncul.

Ilmu klasik penyakit mengajarkan tentang perlunya imunitas dalam melawan infeksi. Sumber infeksi sendiri berasal dari patogen, dapat berupa bakteri, virus, atau parasit. Artinya, pada saat orang terpapar patogen, sejatinya tubuh memiliki mekanisme pertahanan melalui sistem kekebalan. Ibarat suatu peperangan, setiap kali ada ancaman asing terhadap negara, hal pertama yang dikuatkan ialah mekanisme pertahanan. Mengingat Covid-19 sebagai penyerang terhadap tubuh, maka kita perlu memperkuat mekanisme pertahanan bawaan.

Pada konteks usaha memerangi mikroorganisme patogen, sistem pertahanan kekebalan dalam tubuh ini meliputi dari penghalang fisik dan biokimia, sel kekebalan khusus, dan antibodi yang secara khusus menargetkan patogen. Singkatnya, serangan awal patogen itu akan ditantang oleh sistem kekebalan bawaan.

Penghalang fisik (kulit, rambut tubuh, dan selaput lendir) membantu mencegah patogen masuk dalam tubuh. Jika dari penghalang fisik itu masih tetap lolos, mekanisme biokimia dengan cepat mengindentifikasi molekul ‘non-diri’ dan menghancurkan serta menghilangkan ancaman melalui berbagai sel kekebalan (misalnya, leukosit seperti neutrofil, sel pembunuh alami, dan makrofag), dan sitokin (terlibat dalam pensinyalan sel), lalu memperbaiki kerusakan apa pun.

Menurut Calder PC (2013) dalam Feeding the immune system, menyebutkan kemampuan sistem kekebalan untuk membersihkan virus, bakteri, dan patogen lain bergantung pada pasokan energi yang cukup dari sumber bahan bakar esensial, termasuk glukosa, asam amino, dan asam lemak. Selain bahan bakar itu, proliferasi sel membutuhkan nukleotida untuk sintesis DNA dan RNA serta asam amino untuk sintesis protein. Pasokan asam amino yang cukup juga diperlukan untuk produksi protein seperti immunoglobulin, sitokin, dan protein fase akut.


Berbicara imunitas, kita harus rajin berolahraga. Bagi Anda yang mampu bisa melakukan olahraga questrian. Equestrian adalah nama lain dari olaharaga berkuda. Bukan sekadar melatih kekuatan fisik seperti menjaga keseimbangan dan koordinasi, olahraga equestrian ini juga merupakan terapi untuk kesehatan mental, termasuk menjaga imunitas seseorang.

Menurut Monika Pathania (2020), paling tidak ada lima faktor kunci dalam memperkuat imunitas tubuh seseorang, yaitu faktor nutrisi; gaya hidup sehat dan aktif olahraga; kualitas tidur; menghindari merokok dan konsumsi alkohol; kebersihan pribadi dan lingkungan. Semoga informasi ini bermanfaat dan salam sehat sukses selalu. Aamiin. (Arda Dinata)***
WWW.ARDADINATA.COM