- / / : 081284826829

Penulis, Editing dan Proofreading

Penulis, Editing dan Proofreading
Oleh: Arda Dinata

Penulis itu kerjaannya menulis. Dan jangan lupa, lakukan self editing terhadap tulisan yang telah ditulis sebelum diedit oleh orang lain (editor).


Terkait dunia penulis, ada ungkapan bagus yang pernah ditulis oleh Amanda Foley (2010).  Beliau menuliskan bahwa penyunting bertugas membaca ulang dan memperbiki aliran gagasan dalam kalimat dan paragraf; membuat naskah lebih jelas dan lebih bisa dimengerti; dan meningkatkan kualitas naskah.

Foley menjelaskan, sementara itu kalau seorang proofreader keberadaannya bertugas memeriksa kesalahan ejaan, kata-kata yang hilang atau terlewat dalam proses pengetikan. Pokoknya, seorang proofreader itu dirinya harus memastikan bahwa tulisan itu nihil kesalahan tata bahasa setelah diperbaiki, biasanya setelah naskah tulisan itu diedit.

Sedangkan seorang copy editor dalam sebuah penerbitan, baik untuk media massa dan penerbit buku, keberadaannya bertugas membaca dan memperbaiki naskah dengan keahlian tambahkan dalam menjamin konsistensi gaya yang tepat untuk publikasi.

Itulah fungsi-fungsi ideal dalam sebuah penerbitan. Tugas-tugas tersebut yang perlu penulis ketahui sehingga sebuah tulisan itu menjadi bagus, bernas, enak dibaca, menggairahkan dan siap konsumsi bagi para pembaca.

Kalau saja fungsi-fungsi itu bisa penulis lakukan dalam setiap naskah yang dihasilkannya, maka para penerbit atau redaksi media massa akan senag sekali dan kemungkinan diterbitkan peluangnya cukup terbuka. Untuk itu, seorang penulis yang profesional akan melakukan fungsi editing, proofreader, dan copy editor sendiri terlebih dahulu pada naskah-naskah tulisan yang dihasilkannya tersebut.

Apakah Anda para penulis sudah melakukannya? Salam produktif menulis!

Arda Dinata
Penulis buku Strategi Produkrif Menulis, www.ProduktifMenulis.com


Toko Sosmed
PUSAT EBOOK: KESLING-MOTIVASI-PENGEMBANGAN DIRI-
Miliki Ebook Inspiratif Karya Arda Dinata Di Sini!
WWW.ARDADINATA.COM
WWW.ARDADINATA.COM
Arda Dinata, Peneliti dan Pendiri Majelis Inspirasi Al-Quran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia, www.MiqraIndonesia.com.
WWW.ARDADINATA.COM