- / / : 081284826829

Inilah Ebook Informasi Pilihan Jamban Sehat Yang Anda Cari!

Beberapa waktu lalu ada seorang anggota group Kesehatan Lingkungan Indonesia yang saya kelola menghubungi lewat whatsapp. "Slamat siang pak Arda... Pak perkenalkan saya Baiti, salah satu tenaga sanitarian puskesmas di Kabupaten Purworejo. Pak mohon maaf saya mau konsul mengenai Jamban. Bagaimana cara mengatasi permasalahan bikin jamban/septic tank apabila tanah di sini tanah wadas dan berlempung pak?"
Silahkan dibaca buku ini ya! Untuk menambah wawasan seputar Jamban. Inilah Buku Informasi Pilihan Jamban Sehat Yang Anda Cari!
Kita semua mengetahui bahwa mempunyai dan menggunakan jamban bukan hanya nyaman melainkan juga turut melindungi dan meningkatkan kesehatan keluarga dan masyarakat. Namun, data yang tersedia dari studi dan survei sanitasi pedesaan di Indonesia memperlihatkan bahwa sangat sedikit rumah tangga di pedesaan yang benar-benar mempunyai akses ke jamban sehat. 



Hanya 37% penduduk pedesaan mempunyai akses ke sanitasi yang aman menurut Laporan Joint Monitoring Program 2008. Meskipun kita tidak sepenuhnya memahami semua alasan ini, sebagian penjelasannya adalah bahwa bahan bangunan jamban yang ada dipasaran rumit dan mahal, dan memberikan kesan bahwa harganya tidak terjangkau bagi keluarga yang berpenghasilan rendah.

Buku ini disusun menjabarkan berbagai pilihan jamban untuk daerah pedesaan, dan untuk digunakan dalam keadaan khusus (banjir, permukaan air tanah yang tinggi). Berbagai jenis jamban yang dapat digunakan di daerah pedesaan disajikan dalam bentuk gambar yang disertai dengan kelebihan, kekurangan, umur pemakaian yang diharapkan dan perkiraan bahan yang diperlukan.

Format penyajian disusun untuk mempermudah pemilihan opsi bangunan dan pembahasan preferensi warga desa (yang bergantung pada keinginan dan kemampuan mereka untuk membayar). Setelah pilihan dibuat maka manual konstruksi jamban dapat digunakan untuk mengetahui langkah-langkah pembangunan konstruksi secara terperinci, kebutuhan bahan, dan sebagainya.

Buku ini bertujuan untuk membantu setiap orang yang berminat dan bekerja dalam bidang sanitasi, dan peningkatan pengetahuan dan kemampuan tentang opsi jamban, menciptakan permintaan (demand) sanitasi, dan mengupayakan realisasi konstruksi jamban.

Pengguna buku ini meliputi aparat pemerintah, LSM, CBO, fasilitator, natural leader, masyarakat yang terlibat dibidang sanitasi, dan sebagainya. Harapan kami dengan buku ini dapat meningkatkan permintaan sanitasi di Indonesia, dan memungkinkan masyarakat membuat pilihan terinformasi tentang opsi-opsi sanitasi yang layak secara teknis dan terjangkau.

Untuk mendapatkan ebook tersebut, silahkan tulis komentar pada kolom komentar di bawah ini. Dan selanjutnya screenshot bukti komentar Anda tersebut, lalu kirim (tinggal klik) ke no. WhatsApp è 082320905530.
Toko Sosmed 
BACA ARTIKEL LAINNYA:
WWW.ARDADINATA.COM